Senin, 05 Maret 2018

Cara Screenshot Halaman Website Full Page Semua Browser di PC dan Laptop

Mungkin untuk sebagian orang menggambil screenshot atau tangkapan layar sebuah halaman website pada komputer atau aptop sudah biasa di lakukan. Baik untuk keperluan kerja seperti seorang desainer web maupun untuk membaca artikel yang terdapat pada halaman tersebut secara offline.






cara screenshot website full page

Cara Screenshoot Halaman Website Full Page Semua Browser di PC / Laptop
Screenshot merupakan sebuah gambar tangkapan layar, lebih tepatnya di sini secreenshot sebuah halaman website. Pada umumnya mungkin orang biasa mengambil sebuah screenshot dari halaman sebuah website hanya mengambil apa adanya, artinya tidak mengambil screenshoot dari seluruh halaman website tersebut. Namun, seorang desainer web akan membutuhkan screenshot halaman website karyanya.



Mungkin bagi anda yang belum mengetahuinya, mengambil sebuah screenshot sebuah halaman wbsite secara penuh terlihat agak susah. Namun sebenarnya mengambil screenshoot sebuah halaman secara penuh itu mudah. Lalu bagaimana cara mengambil screenshot sebuah halaman website secara full dari atas sampai bawah keseluruhan dalam satu halaman, dan memanjang ke bawah secara vertikal ? caranya mudah.



Cara Mudah Screenshoot Halaman Website Full Page Semua Browser di PC / Laptop

Caranya yaitu sangat mudah, terdapat beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk mengambil screenshot sebuah halaman website secara penuh pada sebuah PC atau laptop. Penasaran bagaimana caranya?. Langsung saja yuk kita simak artikel yang akan mastekno berikan berikut ini.

#1. Menggunakan Aplikasi PicPick
Cara yang pertama yaitu menggunakan aplikasi PicPick. Aplikasi PicPick merupakan sebuah aplikasi screenshot terbaik yang dapat anda gunakan karena memiliki fitur yang lengkap. Tidak hanya dapat mengambil screenshot layar saya, dengan menggunakan aplikasi PicPick anda juga dapat mengambil screenshot halaman sebuah website dengan cara scroll otomatis. Simak langkah – langkahnya berikut ini.
a. Pertama, silahkan anda download dan install aplikasi PicPick [DISINI] pada PC atau laptop anda.
b. Jika sudah, buka halaman website yang ingin anda screenshot dan tunggulah sampai loading website yang anda tuju selesai.

c. Kemudian buka aplikasi PicPick pada Hidden Icon yang terdapat pada Taskbar. Klik kanan pada aplikasi PicPick lalu pilih Screen Capture >> Scrolling Window.
cara screenshot website full page 1

d. Maka aplikasi PicPick akan menampilkan garis kotak merah yang akan mengelilingi halaman website yang akan di scroll dan akan di ambil screenshotnya.
e. Langsung klik, dan aplikasi PicPick akan memulai melakukan scroll dan mengambil screenshot halaman website dari atas sampai bawah. Ketika aplikasi PicPick sedang melakukan scroll dan screenshot, jangan buka aplikasi apa – apa terlebih dahulu sampai proses selesai.
f. Jika sudah selsai, maka hasilnya akan seperti gambar berikut ini.
cara screenshot website full page 2

Aplikasi PicPick tidak hanya dapat mengambil sebuah screenshot dari sebuah halaman website secara penuh saja. Namun aplikasi PicPick juga dapat mengambil screenshot dari elemen atau panel apa saja yang dapat di scroll, misalnya dokumen Microsoft Word ataupun PDF.

#2. Menggunakan Ekstensi atau Add-on pada Browser
Pada umumnya setiap browser pada PC atau laptop memiliki ekstensi/add-on/plugin. Salah satu ekstensi/add-on/plugin yang dapat di gunakan yaitu Nimbus Screenshot. Dengan menggunakan Nimbus Screenshot anda dapat mengambil berbagai macam screenshot, salah satunya yaitu mengambil screenshot satu halaman website secara peuh.
a. Pertama, download Nimbus Screenshot [DISINI] bisa untuk google chrome atau firefox
b. Jika sudah langsung saja di install dan tunggu proses sampai selesai
c. Kemudian pilih Entire page. Guna nya untuk mengambil screenshoot halaman website dengan penuh
cara screenshot website full page 3

Dengan menggunakan ekstensi Nimbus Screenshot  akan memudahkan anda dalam mengambil sebuah screenshot jika hanya untuk sesekali saja. Selain itu, Nimbus Screenshot juga dapat merekam layar laptop atau PC anda.

#3. Menggunakan Website Online
Mungkin cara yang terakhir ini sangat mudah untuk mengambil screenshot website secara penuh karena tak perlu repot – repot untuk download aplikasi. Hanya dengan menggunakan bantuan wbsite online saja, anda sudah dapat mengambil screenshot satu halaman website secara penuh dari atas sampai bawah.
a. Pertama, silahkan anda buka wbsite Web Capture [DISINI].
b. Kemudian, masukkan URL website yang ingin anda screenshot pada kolom yang telah di sediakan.
cara screenshot website full page

c. Jika sudah, klik Capture web page. Bagaimana? Mudah kan?.
Nah itulah artikel yang dapat mastekno sampaikan pada kesempatan kali ini tentang Cara Screenshot Halaman Website Full Page pada PC/Laptop untuk Semua Browser dengan Mudah. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Selamat mencoba dan terima kasih.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar