Jumat, 02 Maret 2018

Cara Setting Hotspot Auto Disconnect Setelah 5 menit

Tutorial ini spesial buat agan rempong yang menanyakan masalah server hotspot mikrotikkesayangannya yang suka putus sendiri alias auto diskonek setelah lima menit. Sebenarnya permasalahan hotspot client yang suka putus sendiri setelah 5 menit bukan hanya dialami oleh agan rempong, agan-agan yang lain juga mengalami hal yang sama.
Kok bisa ?
Secara default, server hotspot mikrotik akan memutuskan koneksi client yang sedang konek ke hotspot jika dalam tempo 5 menit pelanggan tersebut tidak melakukan aktivitas apapun. Tujuan utamanya adalah untuk mencegah client yang lupa logout sehingga voucher time base maupun paket data yang client gunakan tidak habis. Bayangkan jika tidak ada fasilitas ini maka akan sangat merugikan client timebase yang lupa logout.
Misalkan anda membeli voucher hotspot timebase 5 Jam dengan masa aktif 1 minggu, kemudian anda login ke hotspot, baru browsing 10 menit tiba-tiba anda diajak bini pergi ke pasar, karena saking takutnya sama bini maka agan langsung berangkat tanpa sempat logout. Karena banyaknya belanjaan yang harus dibeli tidak terasa agan sudah hampir 3 jam di pasar belum bolak-balik perjalanan yang memakan waktu 1 jam. Trus pas sampe rumah sisa uptime vouchernya tinggal berapa ??
Nah, dengan fasilitas auto disconnect hotspot mikrotik masalah tersebut tak perlu dirisaukan lagi, karena setelah 5 menit agan tak melakukan aktifitas apapun (tidak ada traffic) maka secara otomatis internet akan terputus dari server dan voucher time agan tetap aman.
Merubah Idle Timeout Hotspot Mikrotik



Jika ingin merubah idle timeout menjadi lebih cepat atau lebih lambat, bisa dilakukan pengaturan pada Server hotspot mikrotik.
Server hotspot mikrotik secara rutin akan melakukan pengecekan traffic client yang terkoneksi ke hotspot untuk memastikan apakah client tersebut masih melakukan aktifitas internet atau tidak. Fasilitas ini sebenarnya tidak terlalu penting jika voucher hotspot yang digunakannya voucher berbasis unlimited.

mikrotik, routerboard, routeros, wireless, routing, networking, router, 10gbit home netwerk, 10 gigabit, how to setup a fast home network, sfp+, sfp, dac cable, dac, home network setup, switch, vlan, intermittent technology, 10-gigabit ethernet, 10gbit, 10gbps home network, 10gbps, routerboard ccr226, mikrotik ccr226, ccr1009, crs226, mikrotik routerboard, intertech, home networking, 10gbit network, 10gbps network, #mikrotik, routerboard settings, mikrotik basics, basic setup, wifi configuration, security, setup, internet service, wisp network

1 komentar: