Kamis, 28 Juni 2018

Cara Membuat Bootable USB Flashdisk ISO file untuk GPT dan MBR Partition


Ada banyak sekali cara untuk membuat bootable USB flashdisk untuk Windows 10 salah satunya dengan menggunakan software Rufus.
Rufus adalah utilitas yang membantu untuk memformat dan membuat perangkat USB flash menjadi bootable, seperti flashdisk, kartu memori, dll. Rufus sangatlah cepat. Sebagai contoh, Rufus sekitar dua kali lebih cepat dibanding UNetbootin, Universal USB Installer atau Windows USB download tool, dalam membuat media instalasi USB Windows dari sebuah ISO. Rufus juga sedikit lebih cepat dalam membuat USB bootable Linux dari berkas ISO.

Rufus sangat banyak digemari oleh para pengguna Windows yang akan melakukan instal ulang Windows, selain ringan software ini juga portable jadi tidak perlu melakukan instalasi untuk menggunakannya.

Pada postingan kali ini saya akan memberi langkah yang benar Cara Membuat Bootable USB Flashdisk ISO file untuk GPT dan MBR Partition.

Apa sih itu GPT dan MBR partition?
GPT dan MBR merupakan jenis partisi yang berada dalam sebuah Harddisk.

Partisi GPT adalah kepanjangan dari "GUID PARTITION TABLE". Partisi ini merupakan jenis sistem komputer berbasis Unified Exstansible Firmware Interface atau UEFI. 
Sedangkan MBR adalah kepanjangan "MASTER BOOT RECORD" dimana dapat bejalan di sistem komputer berbasis legacy.

Oke langsung aja cekidot 😃

1. Pertama kita download dulu Rufus, kalian bisa download disini.

2. Jika sudah di download buka Rufus lalu jika meminta ijin untuk administrator pilih saja "Yes". Berikut adalah tampilan dari Rufus, saya menggunakan versi 2.13.1081


3. Kita pastikan dulu apakah flashdisk sudah terhubung atau belum. Jika sudah kalian akan melihat ada nama flashdisk di tab "Device"


4. Di langkah ini saya akan memberikan 2 cara yaitu untuk partisi GPT dan MBR, karena ini yang dapat menentukan agar bootable dapat dibaca di UEFI atau Legacy Os. Jadi mohon perhatikan baik-baik pada tutor ini !!!

Untuk partisi GPT

  • Pada tab "Partition scheme and target system type" ubah menjadi "GPT partition scheme for UEFI"
  • Pada tab "File system" ubah menjadi "FAT32 (Default)"

Untuk partisi MBR
  • Pada tab "Partition scheme and target system type" ubah menjadi "MBR partition scheme for BIOS or UEFI"
  • Pada tab "File system" ubah menjadi "NTFS"

5. Langsung saja kita ke tab "Format options", kalian bisa lihat gambar dibawah ini. Kalian bisa mensettingnya seperti ini. 


6. Kita pilih "Create a bootable disk using 'ISO Image'", lalu klik gambar pada samping kanan ISO Image.


7. Disini kita akan di arahkan untuk memasukkan file ISO Windows, lalu klik open. Jika kalian tidak mempunyai file ISO nya kalian bisa download di situs Microsoft disini


8. Pastikan file ISO sudah masuk, kalian bisa mengeceknya di bagian tab bawah.


9. Jika sudah semuanya, lalu klik "Start". Proses ini akan memakan waktu sangat lama. Tunggu sambil ngopi-ngopi, browsing atau nonton youtube dulu :v


10. Jika sudah selesai jangan klik Start lagi :v nanti ngulang lagi dan nunggu lagi. Langsung aja close Rufus nya.

Sekarang flashdisknya sudah menjadi bootable USB flashdisk dan siap untuk melakukan instal ulang :D
Kalian bisa cek disini untuk cara instal ulang Windowsnya.

NB: Cara ini bisa dilakukan untuk Windows 10 dan edisi Windows sebelumnya

Demikian Cara Membuat Bootable USB Flashdisk ISO file untuk GPT dan MBR Partition. Jika kamu kesulitan atau tidak bisa saat melakukan langkah-langkah tersebut, silahkan komentar dibawah atau bisa juga kalian bertanya di grup Facebook Windows 10 Community dan jangan lupa like Fanspage Windows 10 Community ID.

Atau bisa juga kalian add di facebook saya Decky RamaDhan, untuk berkenalan bertanya-tanya seputar Windows 10 atau mungkin yang lainnya :v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar