Senin, 03 September 2018

Cara Memperbaiki Tombol Keyboard Laptop/Notebook/Netbook tidak Berfungsi

Lama tidak posting karena sibuk, coba posting yang ringan-ringan lagi semoga membantu.
mungkin temen-temen pernah mengalami beberapa kasus dibawah ini :

    Keyboard laptop rusak
    Keyboard laptop error
    Keyboard laptop mati
    Keyboard laptop sebagian tidak berfungsi
    Keyboard laptop mati sebelah
    kalo pas nyalain laptop bunyi beep terus menerus (toooootttttt....toottttt...dst)
    kalo pas nyalain laptop hang di pas tampilan bios
    de el el



kemungkinan dari semua kasus di atas adalah permasalahan dari keyboard nya yang sudah harus dibersihkan ato memang sudah saatnya harus diganti baru.
Baca Juga: 

penyebabnya pun bermacam-macam :

    umur keyboard
    durasi pemakaian
    panas dari mainboard
    debu
    air
    de el el

sebenenya untuk kasus beberapa tombol yang tidak fungsi dan tombol neken terus (biasanya keliatan kalo
lagi ngetik di MS.Word) masih bisa diatasi dengan mencopot tombolnya satu2 dan membersihkan konduktor dibawah tombol karet menggunakan alkohol atau cairan lainnya yang mudah kering.
mari kita bahas agak dalam !!

Membongkar/ melepas Keyboard laptop :

    Peralatan : Obeng kecil, pinset yg ujungnya runcing, penghapus pelikan,dan peralatan lain pendukungnya

Langkah2 nya:

    ada banyak cara melepas keyboard dari laptop tergantung merk dan type, ada yang menggunakan baut dan ada yang hanya menggunakan pengunci saja, atau harus membuka cover panel bagian atas keyboardnya dulu.

    untuk membedakannya dengan cara membalikan laptop dan lihat apakah ada lubang baut yg ada gambar keyboardnya atau jika pengunci sudah d buka tapi keyboard masih susah dilepas kemungkinan menggunakan baut dibelakangnya.

    untuk yg tidak menggunakan baut anda tinggal menekan pengunci kecil satu persatu menggunakan obeng min atau pinset di bagian atas keyboard.




    untuk yang menggunakan baut anda harus mencopot bautnya terlebih dahulu yang ada dibelakang atau bagian bawah laptop, ada yang posisinya di luar ada yang posisinya dibawah baterai, biasanya dipinggir lobang bautnya suka ada gambar keyboard kecil (panah merah)




    Setelah berhasil, angkat pelan-pelan karena dibawahnya terdapat flexible yg menghubungkan main board dengan keyboard. panah Biru  




    Sebelum memvonis keyboard harus diganti, coba lakukan pembersihan terkadang ada keyboard yg error diakibatkan konektor yg kotor atau kepanasan dari mainboard sehingga menyebabkan bad connect, lakukan 


pembersihan ujung kabel flexibel (konektornya) menggunakan cairan alkohol atau sejenisnya yang mudah kering, atau saya suka menggunakan cara yg lebih simpel yaitu menggunakan penghapus merk pelikan yg warna birunya (texturnya kasar). cara ini terkadang berhasil dibeberapa kasus yang ringan. 


    Apabila setelah dibersihkan konektor flexibelnya masih belum berhasil, coba dengan melepas tombol yang tidak berfungsi dengan hati2 (mudah patah, jika patah bisa diganti dari kanibalan keyboard yg rusak lainnya, biasanya sama) kemudian membersihkan plastik konduktor tiap tombolnya, cara ini terkadang tidak bertahan lama, 2 ato 3 hari error lagi :)

     Apabila kedua cara di atas masih tidak jalan maka jalan terakhir adalah mengganitinya dengan yang baru, harga dipasaran sekitar 250 - 350 ribu, buatan china kalo ori mungkin sekitar 500ribuan ke atas, tapi sejauh ini pengalaman saya menggunakan keyboard kw buatan china masih ok, blom ada komplen, tahan diatas 1 tahun.

    Apabila sudah diganti baru masih belum fungsi, silahkan bawa ke servis center/tukang servis laptop kemungkinan IC Driver keyboardnya kena.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close