Rabu, 05 September 2018

Jangan Menutup Layar Laptop Saat Shut Down Bisa Bikin Rusak



Laptop merupakan sebuah inovasi besar dalam teknologi komputer.
Salah satu ciri khas laptop adalah layar yang bisa ditutup. Ternyata menutup layar laptop nggak boleh secara sembarangan, loh! Terutama pada bagian layar LCD laptop tersebut.

Bahkan Menutup Layar Ketika Shut Down Bisa Bikin Laptop Cepat Rusak! Kenapa Ya?

Kebanyakan orang biasa mematikan laptop dengan cara shut down atau hibernate. Kemudian langsung menutup layar, memasukkan ke dalam tas, lalu langsung pergi begitu saja. Nyatanya, hal ini sangat tidak baik untuk dilakukan. Jaka punya beberapa alasan teknis kenapa kamu nggak boleh menutup laptop saat proses shut downberlangsung. Berikut penjelasannya.
Alasan Menutup Layar Ketika Shut Down Bisa Bikin Laptop Cepat Rusak

 

Arus Listrik yang Kuat


layar laptop 2
Pada saat kamu menyalakan dan mematikan laptop, atau istilah kerennya saat booting dan shutting down, power supply akan mengalirkan sejumlah arus listrik yang besar ke semua komponen yang ada di laptop kamu. Termasuk ke bagian LCD alias layar laptop. Pada saat proses booting atau shut down berlangsung, sebaiknya kamu tidak menutup atau menggerak-gerakkan layar laptop kamu. Sebab, dikhawatirkan arus listrik yang masuk akan menjadi tidak stabil dan merusak komponen yang ada di laptop, terutama bagian layar LCD-nya.

 

Prosesor dan VGA yang Panas

layar laptop 3
Prosesor dan VGA adalah dua komponen penting yang mampu menghasilkan panas pada laptop. Biasanya, komponen-komponen ini terdapat di bagian bawah keyboard. Kalau kamu menggunakan laptop kamu dalam waktu yang cukup lama, apalagi di dalam ruangan tanpa pendingin udara, kamu mungkin akan merasakan hawa panas dari yang keluar. Nah, kalau kamu langsung menutup layar laptop ketika proses shut down, dikhawatirkan hawa panas ini akan berkumpul dan mengenai layar laptop kamu. Kalau terlalu sering terpapar hawa panas, LCD kamu akan mudah mengalami kerusakan, misalnya bergaris, bocor, dan sebagainya.

 

Lalu Bagaimana Mematikan dan Menutup Layar Laptop dengan Benar?


layar laptop 4
Dari pembahasan di atas, Jaka bisa menyimpulkan cara menyalakan dan mematikan laptop dengan benar dan aman. Saat ingin menyalakan laptop, buka dulu layarnya, lalu tekan tombol powernya. Kemudian tunggu hingga laptop kamu menyala dan masuk ke mode Windows, baru kamu boleh menggerak-gerakkan layar untuk disesuaikan dengan jarak pandang yang nyaman.


layar laptop 5

Kemudian, saat mematikan laptop, klik tombol shut down. Lalu tunggu beberapa menit hingga laptop kamu benar-benar mati dan hawa panasnya berkurang. Baru deh kamu boleh tutup laptop kamu.

layar laptop 6
Itulah beberapa alasan mengapa Menutup Layar Ketika Shut Down Bisa Bikin Laptop Cepat Rusak. Kalau kamu punya info atau trik lain seputar laptop, silakan tulis pendapat kamu pada kolom comment di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close